Tugas PPBO Sesi 1



Nama   : Lathifah Fitriani H
NRP     : 170813019
Kelas    : 1MD-1


 Tugas Sesi 1


Modul 1

Dimodul ke satu sesi 1 ini, membahas tentang :

Eclipse dibat oleh Komunitas Open Source, yang artinya penggunaan Eclipse ini bersifat gratis atau tidak perlu untuk login email ketika proses penginstalannya. Eclipse sendiri adalah program koding yang menggunakan bahasa Java. Java disini ada Java JRE dan Java JDK.

Java JRE atau Java Runtime Environment yang hanya berisi fungsi yang diperlukan untuk memulai program java. Contohnya Aplikasi internet. Java JDK atau Java Development Kit yang berisi fungsionalitas untuk memulai program java sekaligus mengembangkannya. Minimal, Java JRE diperluka untuk menjalankan Eclipse.

Sebelum menjalankan program Eclipse, kita harus mengecek apakah Eclipse dan Java sudah terinstal. Cara mengecek apakah Java sudah ada, dicomputer Windows atau Ubuntu Sistem, Enter “ java – version “ di “ command window”. Untuk yang di Mac operating system, menggunakan Software Update Option dari Apple Menu.

Langkah-langkah membuat menjalankan Eclipse
1.      Buka terlebih dahulu program eclipsenya
2.      Simpan workspace di folder yang telah dilakukan, lalu klik ok
3.      Maka eclipse akan tampil dihalaman pertama

Ditampilan pertama, akan muncul tampilan “Welcome Page”, jika kita klik file – New – Java Project, isi nama Project sesuai yang diperlukan. Kita dapaet melihat sub-windows yang menyediakan informasi tentang project yang kita akan buat.


Kita kembali lagi ke langkah-angkah membuat project di Eclipse
1.      Buka terlebih dahulu program eclipsenya
2.      Simpan workspace di folder yang telah dilakukan, lalu klik ok
3.      Maka eclipse akan tampil dihalaman pertama
4.      Membuat Project, ke file – new – java project. Beri nama lalu klik ok
5.      Jika sudah tersedia, klik pada nama file yang baru kita buat, klik dua kali. Pada scr foder, klik kanan, lalu new – package. Beri nama juga. Lalu ok
6.      Jika ingin membuat class pada package, klik kanan pada package yang telah kita buat lalu klik class. Dan beri nama
7.      Masukkan koding-koding untuk membuat program, jika ingin di run, kita klik run, atau klik Ctrl + F11


Modul ke 2

Dari Driver Class :
-          Mengandung metode utama (Sebuah metode utama yang diperlukan untuk menjalankan program Java di Eclipse) yang meliputi
1.      Contoh object dari class object
2.      Variable
3.      Loops, penyataan kondisional (if-else)
4.      Logika pemrograman lainnya
5.      Bisa juga berisi metode statis lainnya.

Dari Object Class :
-          Apa kelas yang mendefinikan object yang akan digunakan pada kelas driver
-          Dapat ditemukan di Java API, atau dibuat oleh kita
-          Contoh : String, Bank Account, Student, Rectangle

Kita akan menggunakan String Class dalam program.
-          Konstruktor yang paling umum untuk class ini adalah String Original
-          Metode umum meliputi
1.      charAt ( int index) untuk mengembalikan nilai char pada indeks yang ditentukan
2.      Length() untuk mengembalikan panjang string
3.      Substring (int beginIndex) untuk mengembalikan string baru yang merupakan substring dari string ini.

Java Keywords
Semua program Java menggunakan Java Keywords
• Contohnya meliputi kata-kata berikut: class, public, String, int, for, while, and double.
• Warna font untuk Keywords akan berubah pada editor Eclipse.

Accessor and Mutator Methods
Adalah umum untuk membuat seperangkat metode yang memanipulasi dan mengambil nilai data Class
-          Accessors (getters) : metode yang mengembalikan (mendapatkan) nilai dari setiap variable class
Contoh : getStudentID(), getName(), getSSN(), getGPA()
-          Mutators (setters) : metode yang  mengubah (set) nilai setiap variable class.
Contoh : setStudentID(), setName(), setSSN(), setGPA()
Menggunakan Object Class dan Driver Class.


Code Blocks
Code Block didefinisikan dengan membuka dan menutup “kurung kurawal” {} saat memerikasa blok kode
-          Setiap deklarasi class dilampirkan dalam blok kode
-          Deklarasi metode termasuk metode utama, dilampirkan dalam blok kode
-          Bidang dan metode java meiliki cakupan blok atau class

Format blok kode
Blok kode dimulai dengan { dan diakhiri dengan }
-          Setiap kali kita memulai blok kode, kita harus memiliki akhir. Contoh : { MUST have a matching }.
-          Code Block dapat ditemukan di
 –Classes
–Methods
–Conditionals (if statements, switch statements)
–Loops
Using Object Classes and Driver Classes



Modul ke 3

Java Programming Types
Di Java, tipe data :
-          Digunakan untuk menentukan jenis data yang bisa disimpan didalam suatu variable
-          Pastikan hanya ada data yang benar yang disimpan
-          Apakah dinyatakan atau disimpulkan
-          Bisa dibuat oleh programmer

Variable yang harus dimiliki Tipe Data

Semua variable harus memiliki tipe data untuk keamana
-          Program tidak akan dikompilasi jika pengguna mencoba untuk menyimpan data yang bukan tipe yang benar
-          Program harus mematuhi batasan jenis untuk dijalankan
(Tipe yang salah dalam ekspresi atau data ditandai sebagai kesalahan pada waktu kompilasi


Java memiliki 8 tipe data primatif yang digunakan untuk menyimpan data selama operasi program.
-          Data primitive adalah kelompok tipe data khusus yang tidak menggunakan kata kunci baru saat diinialisasi.
-          Java menciptakannya sebagai variable otomatis yang bukan referensi. Yang tersimpan dalam memori dengan nama variable.
-          Jenis primitive yang paling umum digunakan dalam kursus ini adalah int (bilangan bulat) dan double (decimal)


Primitive data amtara lain : Boolean, byte, char, short, int, long, float, double.


Arithmetic Operators
Java memiliki beberapa operator aritmatika untuk melakukan operasi matematika
Simbol + untuk menambah
Simbol – untuk mengurang
Simbol * untuk mengkali
Simbol / untuk membagi
Simbol % untuk menghitung persen
Simbol + + untuk menambah banyak atau nambah satu tingkat
Simbol - - untuk mengurangi satu tingkat

Kali bagi dan kurung buka diitung pertama kali atau didahulukan
, dan mendahlukan kiri ke kanan. Contoh :

Int x = 4,y = 5, z = 10;
Int total = x + y * z;

Maka akan menghasilkan total 54, karena yang pertama kali dihitung adalah y * z. yaitu 5 * 10 = 50, lalu hasil tersebut ditambah x yang bernilai 4, menjadi int total 54.

Understanding Types and Conversions
Ada beberapa  cara untuk mempercepat langkah formula agar tidak memotong nilai.

-          Pindahkan fraksi sampai akhir sehingga Java akan selalu menggunakan double dan integer dan secara implisit akan mengubah jawaban menjadi dua tidak terpotong.
Contoh :
double volume = 3.14 * radius * radius * height * 1 / 3;

-          Buatlah satu dari liberal integers menjadi liberal double sehingga Java akan selalu menggunakan double dan integer dan secara implisit akan mengoversi jawaban menjadi dua, tidak terpotong
Contoh :

double volume = 1 / 3.0 * 3.14 * radius * radius * height;


Using Type Casting
Dengan menggunakan tipe dari Math Library. Kita dapat menghasilkan bilangan acak dari 1 sampai 10
-          Metode acak menghasilkan double antara 0 dan tidak termasuk 1
-          Nilai seperti 0, 0.4567 atau 0.901306 mungkin dihasilkan
-           
int number;
number = Math.random( ) * 10;
System.out.println("The random number is " + number + ".");


Using Type Conversions

Menggunkan jenis konversi adalah pilihan lain untuk memperbaiki masalah pemotongan dennan rumus volume yang ditunjukan sebelumnya.

Gunakan casting tipe untuk membuat satu literal integer menjadi double

double volume = (double) 1 / 3 * 3.14 * radius * radius * height;





 Modul ke 4

Apa itu String?
String adalah objek yang berisi urutan karakter. Mendeklarasikan dan memberi instantiating  String sama seperti variable objek lainnya.

Namun, ada perbedannya
-          Mereka bisa instantiated (dibuat) tanpa menggunakan kata kunci baru.
-          Mereka tidak berubah
(setelah instantiated, mereka selesai dan tidak bisa diubah


Class Template
Gunakan Class berikutnya untuk memasukkan contoh dari bagian ini
import java.util.Scanner;
public class StringPractice{
public static void main(String[] args){
//paste practice code here

}
}


Instantiating a String
String adalah tipe referensi objek.mereka dapat instantiated dengan du acara
1.      The New Operator
2.      String Literals

Tidak ada perbedaan antara String bellow. Kedua metode instantiasi membuat objek yang identik.
String s1 = new String(“abc”); // new operator
String s2 = “abc”; // String literals


String References

Bila kita membuat referensi Objek atau string, maka objek belum tntu ada. Pada kode ini String name;
System.out.println(“My name is “ + name);

Karena nama tidak diinisalisasi program tidak akan dikompilasi. Nama variable adalah null pointer. Jika kita menjalankan program yang sangat mirip tapi mintalah user untuk masuk String, kita mendapatkan hasil yang berbeda.
Scanner in= new Scanner(System.in);
String name, name2;
name=in.next();
name2=in.next();
Jika pengguna mengetikkan Mya untuk kedua Strings, compiler sebenarnya menciptakan dua String Objects yang berbeda.

            Sangat sulit untuk memprediksi kapan Java akan membuat String yang baru atau gunakan objek yang ada untuk String yang identic ke String baru.

String  Concatenation
Dua String bersama dengan + dan +=
-          Simbol + digunakan untuk menggabungkan dua String secara bersama
-          Simbol += digunakan untuk menggabungkan dua senar bersama-sama dan menugaskannya sendiri dalam satu operasi
String s1 = “This is a ”;
String s2 = “string”;
String s3 = s1 + s2;
String s4 = “This is a ” + s2;
String s1 += s2;


Manipulation of Strings
Setiap kali sebuah String diubah, String baru dibuat ke lokasi memory baru dan rujukkannya dipindahkan ke lokasi baru. Beberapa String akan menunjukkan hal yang sama pada objek Referensi dimemori
-          Membuat modifikasi pada satu String yang menunjuk ke referensi bersama tidak akan membuat modifikasi ke yang lain
-          Yang kita modifikasi menunjuk ke memory baru alamat yang menyimpan String baru atau yang dimodifikasi dan yang lain masih menunjuk yang sama.

Komentar